Rabu, 21 Mei 2014

Cara Menumbuhkan Rasa Takut Kepada Allah SWT





Rasa takut merupakan nikmat dari Allah SWT tetapi sayangnya tidak semua manusia menetahui hakekatnya, yakni kepada siapa rasa takut tersebut diberikan. Sangat banyak manusia yang memiliki rasa takut bukan kepada Allah SWT. Betapa banyak manusia yang takut terhadap kemiskinan hidupnya, wabah penyakit, musibah, bencana, kejahatan orang lain, dan puncaknya takut akan kematian. Demikian pentingnya rasa takut kepada Allah SWT sehingga seorang mukmin harus memastikan setiap tindakannya dilakukan dengan penuh kehati – hatian.

Inilah cara menumbuhkan rasa takut kepada Alah SWT :
1. Tidak melakukan perbuatan yang dapat mengundang murka Allah SWT.
Allah memberi contoh sosok Fir’aun sebagai sosok yang sangat ingin menjadi tandingan-Nya. Padahal upaya Fir’aun ini jelas sia – sia. Bahkan sebagaimana ditulis dalam Al Qur’an surat Az-zukruf (43) ayat 54 hingga 55, upaya Fir’aun ini mengundang murka Allah dan sebagai akibatnya, ia bersama kaumnya ditenggelamkan di laut.

2. Tidak menyombongkan diri seolah-olah tidak membutuhkan bantuan Allah SWT.
Sosok yang tepat menjadi contoh hal ini adalah Qarun. Karena kesombongannya, Qarun ditenggelamkan ke dalam bumi bersama hartanya, sebagaimana dikisahkan oleh Allah dalam Al Qur’an surat Al-Qashash (28) ayat 76-82.

3. Belajar dari kaum terdahulu yang telah diazabkan Allah SWT.
Siapapun yang tidak takut kepada Allah sehingga berani melanggar ketentuan-Nya, maka akan mengalami akibat yang sama sebagaimana generasi terdahulu  (silahkan lihat Al-Qur’an surat Al-Ankabuut (29) ayat 40).

4. Membayangkan betapa dahsyatnya api neraka itu.
Siksa neraka uang dahsyatnya tak terbayangkan aan berlangsung berabad-abad lamanya. Bahkan ada yang kekal didalamnya. Rasululah SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Tarmidzi, pada suatu hari berkata kepada sahabat-sahabatnya, “Api yang kalian semua nyalaan di dunia ini hanya satu bagian dari tujuh puluh bagian panasnya neraka Jahanam.”
Para sahabat berkata, “Demi Allah, api dunia ini saja sudah amat panas ya Rasulullah.”
Beliau lalu berkata lagi, “ Memang, api neraka itu lebih panas, dan panasnya memiliki 69 bagian. Suhu setiap bagian sama dengan api di dunia ini.”

Selain memahami tips-tips menumbuhkan rasa takut kepada Allah SWT kita juga harus mewaspadai apa saja yang dapat menghilangannya. Salah satunya adalah ceroboh dalam memilih teman.
Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al-Furqan (25) ayat 27 sampai 29 mengingatkan manusia lewat sebuah cerita tentang penyesalan orang – orang zalim manakala nyawa telah terpisah dari raga. “Kecelakaan besarlah bagiku. Kiranya (dulu) aku tidak menjadikan si Fulan itu teman akrabku. Sesungguhnya dia telah menyesatkan dari Al-Qur’an ketika Al-Qur’an itu telah datang kepadaku.”
Rasulullah SAW juga bersabda, sebagaimana telah diriwayatkan oleh Ahmad, Tirmidzi, dan Abu Daud, “Seseorang itu tergantung kepada agama teman dekatnya. Maka hendaklah seseorang melihat siapa yang dijadikan teman dekatnya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar