Selasa, 25 Maret 2014

TIPS SEHAT BERPUASA PADA PENDERITA MAAG



Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu…
Puasa adalah menahan diri dari rasa lapar dan haus, hukum puasa adalah wajib saat bulan Ramadhan. Saya adalah penderita maag kronis, tetapi saya ingin sekali menjalani puasa dengan lancar saat di bulan Ramadhan karna pahalanya berlipat lipat saat bulan suci itu. Sering kali saya merasakan sakit di daerah perut ketika di siang hari pada waktu puasa, tetapi sakit perut ini berbeda seperti orang kelaparan, ini rasanya sakit sekali perutnya melilit seperti baju yang sedang diperas. Setelah periksa ke dokter saya diberi tips agar puasa yang saya jalani lancar tanpa alasan maag saya kambuh.

Berikut tips yang harus dilakukan agar sakit maag tidak kambuh saat menjalani puasa :

  •          Berbukalah tepat pada waktunya, jangan diundur – undur. Saat berbuka mulailah dengan makanan yang manis secukupnya, ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.

  •        Saat berbuka jangan langsung menyantap makanan “besar” ( nasi dan lauk pauk ). Sebaiknya makan besar dilakukan kira kira satu jam setelah berbuka, agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal
  •       Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat
  •      Hindari makanan asam dan pedas.
  •      Hindari minuman berkafein seperti kopi, cokelat, dan minuman bersoda. Dan janganlah merokok bagi para penderita maag agar tidak meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh kita.


- www.gunadarma.ac.id
- www.studentsite.gunadarma.ac.id
- www.baak.gunadarma.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar