Selasa, 16 Oktober 2012

Jurnal Internasional Koperasi


Manajemen Pendidikan dan Pengembangan
Koperasi dan Serikat Kredit di Bidang Ekonomi dan Bisnis Mengubah Paradigma


Abstrak

Baik ekonomi maupun buku cetak, manajemen cukup menghabiskan waktu atau ruang pada koperasi bentuk bisnis. Paradigma yang dominan adalah milik investor, untuk keuntungan bisnis bersaing untuk pangsa pasar dan keuntungan. Sebagai akibat dari hal ini, lulusan beberapa bisnis program sudah dipersiapkan dengan baik untuk mengelola dalam lingkungan koperasi.
Namun koperasi mewakili sebagian besar dari Inggris, AS, dan negara-negara Kanada, manajemen pun sangat kompeten penting bagi perekonomian secara keseluruhan serta untuk pemilik koperasi, karyawan, pemasok dan pelanggan.
Harapan antara koperasi pemimpin adalah bahwa lulusan program bisnis (apakah undergrads atau MBA) memiliki apresiasi yang sangat terbatas bagaimana mengelola koperasi, sedangkan yang dijiwai dengan semangat koperasi tetapi tanpa pelatihan bisnis formal mungkin memiliki keterampilan manajemen yang terbatas. Untuk memperbaiki masalah ini, sejumlah koperasi pemimpin telah datang bersama-sama dengan Universitas Saint Mary di Halifax, Kanada untuk menawarkan berbasis web, program tingkat master dalam pengelolaan koperasi dan credit union.
Program ini melibatkan 1201-semester kursus dan tesis. Ini target pertengahan karir manajer koperasi dan credit union.
Makalah ini menjelaskan program, bagaimana pergeseran paradigma program bisnis lulusan, dan cara kreatif itu sedang dibiayai.


Pengantar

Lynch et al. (1989) melaporkan bahwa koperasi itu ditekankan dalam buku ekonomi pengantar yang digunakan di Amerika Serikat.
Parnell (1996) berpendapat bahwa karena bentuk koperasi usaha sebagian besar telah diabaikan dalam primer, sekunder, dan pasca-sekolah menengah, sekolah itu telah menjadi "pilihan banyak difitnah dan sering diabaikan."
 Bukit disurvei dua puluh lima buku teks pengantar ekonomi yang digunakan di Kanada untuk konten mereka tentang koperasi. Empat dari 25 adalah US teks, sepuluh orang Canadianized versi awalnya teks AS, dan sisanya adalah Kanada. Dia berharap menemukan koperasi ditangani oleh bentuk-bentuk bisnis alternatif, atau sistem ekonomi komparatif, atau di bawah uang dan perbankan, atau dalam diskusi yang mengontrol perusahaan. (Hill, 2000, 282). Apa yang dia temukan adalah bahwa sementara hampir semua teks menyebutkan serikat kredit, hanya satu membahas mengapa mereka ada. Non-keuangan koperasi bernasib kurang baik. Sekitar setengah dari teks-teks tidak menyebutkan sama sekali, dan bila ada menyebutkan hal itu cenderung sepintas. Cakupan terbesar dalam salah satu teks adalah satu halaman. Sebagai Hill mengatakan, "Jelas, dalam buku teks pengantar yang paling, organisasi ekonomi koperasi adalah baik seluruhnya diabaikan atau menerima hanya menyebutkan lewat. (Hill, 2000,283).
Sebuah survei dari teks-teks yang paling populer bisnis pengantar yang digunakan di Kanada (lihat Tabel 1) menunjukkan pola yang sama. Dari enam teks yang disurvei, orang harus tidak menyebutkan koperasi atau credit union, dua memiliki sekitar dua halaman dari materi, dan beberapa keseimbangan jumlah yang lebih rendah. Dari dua teks dengan cakupan terbesar dari koperasi, salah satu memiliki dua halaman dalam bab dua puluh sembilan halaman tentang "Bentuk Kepemilikan Bisnis," digunakan yang lain setengah dari ruang yang dialokasikan untuk bersama-koperasi menggambarkan langkah dari satu besar pertanian Canadian co-op untuk privatisasi dan bertepuk tangan kebangkrutan koperasi Jepang yang telah diduga mencungkil anggotanya. Singkatnya, pengobatan koperasi di Kanada rentang bisnis buku teks pengantar dari tidak ada sampai bermusuhan. Hanya Furhman (2000) memiliki sesuatu seperti pengobatan, objektif non-sepintas co-ops.
Sebuah survei terbaru dari teks pengantar bisnis disimpan di Amerika Serikat Perpustakaan Kongres memperkuat temuan ini.

Paradigma yang dominan untuk kedua ekonomi dan bisnis pengantar investor, untuk keuntungan bisnis bersaing untuk memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham. Ini adalah paradigma disayangkan untuk sejumlah alasan:
·         Koperasi memiliki lebih dari 700 juta anggota di 100 negara (Williamson, 1994). Jadi mereka adalah kekuatan ekonomi yang tidak dapat atau, setidaknya, tidak boleh diabaikan.
·         Di Inggris, Kelompok Coop memiliki 70.000 karyawan dan omset tahunan lebih dari £ 7 miliar. Hal ini penting dengan standar apapun dan, sementara Grup Coop adalah yang terbesar koperasi di Inggris, itu tidak berarti satu-satunya (Co-op Group).
·         Di Kanada, 10.000 non-keuangan koperasi mempekerjakan lebih dari 150.000 orang dan yang terbesar dari mereka memiliki pada tahun 2001 pendapatan dari CDN $ 3,3 miliar (Pertanian Canada).
·          Di AS, atas 100 koperasi memiliki 1.996 penjualan lebih dari US $ 100 miliar. Lebih banyak warga yang anggota kandang selain saham pasar saham sendiri, sementara lebih dari 2 juta penduduk New York City tinggal di koperasi perumahan (Thompson, 1997). Berdasarkan ukuran dan jangkauan ekonomi saja, koperasi adalah fitur yang signifikan dari kehidupan sehari-hari, adalah majikan yang signifikan, dan harus dipahami oleh siswa lulus.
·         Sebagai Hill (2000, 287) menunjukkan, pembahasan koperasi dapat "meningkatkan berbagai pertanyaan positif dan normatif menarik" yang harus menjadi bagian dari pengenalan seorang mahasiswa bisnis untuk pemahaman ekonomi. Di antaranya adalah: sejauh mana demokrasi harus menjadi bagian dari kehidupan ekonomi kita serta kehidupan masyarakat kita, bagaimana unit-unit ekonomi sebenarnya berperilaku di luar teori ekonomi, apa dampak apakah bentuk usaha terhadap insentif ekonomi, ada ekonomi alternatif sistem yang melampaui kapitalisme murni atau perencanaan terpusat, di dunia nyata, bagaimana dampak koperasi bentuk daya di pasar?
·          John Stuart Mill mengangkat banyak pertanyaan-pertanyaan ini pada pertengahan abad ke-19. Jadi mungkin sudah saatnya untuk membuat beberapa upaya untuk menjelaskan kepada para siswa bisnis dengan argumen yang mengelilingi mereka. Sebagai Mill menaruhnya: Bentuk asosiasi, bagaimanapun, yang jika manusia terus membaik, harus diharapkan pada akhir untuk mendominasi, bukankah itu yang bisa eksis antara kapitalis sebagai kepala, dan orang-orang bekerja tanpa suara dalam manajemen, tetapi asosiasi buruh sendiri pada istilah kesetaraan, secara kolektif memiliki modal yang mereka melanjutkan operasi mereka, dan bekerja di bawah manajer terpilih dan dilepas sendiri. (Mill)
·          Koperasi memiliki kebutuhan taat bagi manajer yang kompeten yang mencakup kedua prinsip-prinsip kerjasama dan terbaru dalam praktik terbaik manajerial. Kebutuhan ini diakui hampir 80 tahun yang lalu:

. . . kita memiliki dua teori mengenai administrasi koperasi bisnis, dan mereka berbeda tajam. . . . "Kami tertarik untuk memulai sebuah toko. . . dan kami berniat untuk mendapatkan ahli teknis terbaik yang dunia bisnis yang ditawarkan. . . [atau]. . . jika kita membeli manajer superlatively efisien Usaha Swasta. . . Kami memiliki tubuh dan bentuk Kerjasama dan telah kehilangan semangat. (---, 1924) Dan ini bergema dalam sebuah makalah baru-baru ini Australia: Dewan perlu berhati-hati bahwa ia tidak menganggap bahwa perannya adalah untuk mengelola koperasi dan bahwa peran manajer adalah untuk mengelola bisnis. Hal ini menciptakan sebuah divisi yang tidak sehat yang belum tentu akan terlihat dalam jangka pendek tetapi akan memiliki konsekuensi jangka panjang yang tidak diinginkan. Seharusnya tidak ada pemisahan antara "koperasi" dan "bisnis." Sebaliknya, ada kebutuhan untuk mengakui bahwa koperasi manajer perlu mengintegrasikan nilai-nilai koperasi dalam praktek manajemen mereka. Griffith (2003)

Penyajian saat ini

Saat ini ada tiga jenis kursus / program yang tersedia untuk pasca-siswa sekolah menengah dengan minat dalam koperasi:
·         Program dalam teknik fungsional untuk koperasi karyawan dan supervisor. Organisasi seperti College Co-operative di Inggris (yang menawarkan, misalnya, program pelatihan untuk ritel panitera penjualan koperasi) atau Credit Union Institute of Canada (CUIC) (yang melatih karyawan serikat kredit dalam aspek teknis dari pekerjaan mereka) melakukan layanan besar kepada sektor koperasi dengan memfasilitasi peningkatan karyawan.
·         Program tunggal yang dapat diambil sebagai bagian dari program MBA atau B.Comm / BBA. Ini memberikan siswa rasa co-ops dalam banyak cara yang sama bahwa program tunggal dalam asuransi atau pariwisata dapat menggores permukaan daerah khusus.
·         Apa yang terbaik dapat disebut "co-op penghargaan" kursus biasanya ditawarkan sebagai pilihan dalam BA Program. Kursus ini berguna dalam menyebarkan apresiasi publik tentang peran koperasi dan masyarakat mereka.

Sayangnya, tidak satupun dari jenis persembahan menjawab kebutuhan manajerial koperasi dan credit union karena mereka berjuang untuk bertahan hidup dan berkembang dalam dunia yang semakin kompetitif dan multinasional. Parnell (2000) menulis fasih kebutuhan ini: Manajer senior koperasi skala besar, langsung direkrut dari bisnis investor sering, jarang memiliki akses ke pembangunan yang tepat atau pelatihan, dan sebagai akibatnya mereka sering dibiarkan untuk menemukan sendiri bagaimana mereka harus berfungsi dalam organisasi koperasi. Banyak yang tidak pernah belajar apa artinya untuk benar mengelola usaha koperasi, seringkali dengan konsekuensi bencana.

Davis dan Donaldson (1998) menyetujui bahwa:

"Koperasi yang cukup berbeda dari manajemen utama untuk meminta prinsip-prinsip mereka sendiri, konsep dan materi pelatihan." Dan sebagai seorang kapitalis terdengar ritel sebagai Edward Filene mengatakan ini tentang koperasi toko:
"Seorang manajer koperasi yang baik harus familiar dengan ide-ide dan prinsip-prinsip kerjasama karena ia adalah dengan prinsip-prinsip bisnis manajemen toko."

Namun tidak ada, untuk yang terbaik dari pengetahuan saya, setiap program dalam bahasa Inggris yang menggabungkan prinsip-prinsip dan praktek kerjasama dan bisnis dengan cara yang akan menghasilkan keras hati manajer dijiwai dengan semangat co-op.
Mengapa tidak? Meskipun ada sejumlah besar koperasi yang tersebar di seluruh dunia berbahasa Inggris, mereka tidak begitu terkonsentrasi secara geografis untuk menjadi langsung dikenali sebagai pasar pendidikan yang jelas. Selain itu, keterampilan penelitian dan pengajaran yang diperlukan untuk program yang layak (terutama di tingkat pascasarjana) tidak dapat ditemukan di sebuah universitas tunggal. Mereka, seperti co-ops, tersebar di seluruh dunia.

Hal ini menyebabkan para pendukung paradigma baru - campuran ketat koperasi nilai-nilai dan teknik manajerial - untuk datang bersama-sama untuk mendorong sebuah program yang mencerminkan paradigma baru. Disimpulkan bahwa program seperti itu hanya bisa berhasil jika itu menarik pada kedua mahasiswa dan fakultas dari seluruh dunia berbahasa Inggris. Para advokat, melalui masing-masing koperasi dan credit union datang bersama untuk membentuk Pendidikan Manajemen Koperasi Koperasi (CMEC) yang lebih kemudian.

Program

Untuk memenuhi kebutuhan yang diungkapkan dari koperasi dan credit union, sebuah program baru, yang mencerminkan paradigma baru, dikembangkan. Hal ini diselenggarakan oleh Universitas Saint Mary, Halifax, Kanada dan telah menarik siswa dari Kanada, AS, dan Inggris Asupan kedua akan pada bulan September 2004.
·         Program: Magister Manajemen - Koperasi dan Koperasi Kredit
·         Gelar Granter: Universitas Saint Mary
·         Target: Mid-karir manajer koperasi dan credit union. Kelas pertama meliputi kandidat dari AS, Inggris dan Kanada, dari perbankan, credit union, asuransi, ritel, dan produsen primer koperasi.
·          Bahasa Instruksi: Bahasa Inggris
·         Persyaratan Pendaftaran: gelar Sarjana atau pengalaman manajerial yang signifikan dalam koperasi atau kredit yang mungkin dilakukan pembobotan dalam persamaan derajat, saat kerja oleh serikat koperasi atau kredit, kemauan majikan saat ini untuk memberikan waktu yang cukup off untuk studi, kesediaan arus majikan untuk memfasilitasi penggunaan tempat kerja sebagai obyek penelitian.
·         Program: Sebelas setengah-program (11 x 3 jam semester) ditambah perjalanan studi, ditambah tesis full course (1 x 6 jam semester). Semua program adalah tujuan dibangun untuk program ini. Judul saja ditunjukkan pada Tabel 3.
·         Pengiriman Mekanisme: Pendidikan Jarak, berbasis web pengiriman menggunakan Web CT. Calon mengambil empat setengah-mata kuliah per tahun kalender.
·         Pengembang Program dan Fakultas: Diambil dari lembaga akademis di Australia, Selandia Baru, AS, Inggris, Irlandia dan Kanada.
·         Pendanaan: Program pembangunan yang dibiayai oleh koperasi dan serikat kredit melalui CMEC (lihat di bawah). Program pengiriman adalah atas dasar pemulihan biaya penuh.

Pembiayaan program pengembangan

Seperti kebanyakan universitas yang telah terlibat dalam pengembangan berselaput bisa membuktikan, pengembangan program web adalah proposisi mahal. Ini mungkin berpikir bahwa biaya pengiriman dapat dikurangi kemudian sebagai administrator saja kurang terampil mengambil alih pengiriman saja dari lebih terampil dan lebih mahal

Akademisi (Apakah bias saya terhadap perguruan tinggi yang mencoba untuk menghilangkan posisi akademis menunjukkan?). Tapi ada biaya agak lebih up-depan ketika keterampilan teknis web harus disertakan dan kapan, karena dengan program ini, akademisi bekerja "di luar kotak."
Biaya pengembangan Master Saint Mary of Management - Koperasi dan Kredit Program Serikat tidak akan pernah ditutupi dari sumber internal bahkan jika universitas telah siap untuk biaya pengembangan depan dengan harapan pulih kemudian dari apa yang halus bisa disebut " mengajar efisiensi. "Menginfeksi, Saint Mary punya dan tidak berniat menggantikan kaum profesor (dan ada serikat fakultas yang kuat untuk tetap seperti itu), dan pengiriman dari program ini adalah atas dasar pemulihan biaya penuh tidak ada yang signifikan" profit "diharapkan.
Untungnya, individu koperasi dan credit union yang pertama mendekati Saint Mary adalah untuk menciptakan program pasca-sarjana tingkat telah dilakukan untuk membiayai upaya pengembangan program. Mereka mulai dengan membentuk Pendidikan Koperasi Manajemen Koperasi (CMEC) yang kini telah berkembang untuk memasukkan individu, koperasi, credit union dan anggota lembaga pendidikan dari Australia, Selandia Baru. Irlandia, U.K., AS, dan Kanada. (Lihat www.smu.ca / mmccu untuk daftar anggota). Dana utama meningkatkan inisiatif sedang berlangsung, dengan lebih dari setengah dari target sekarang dijaminkan.
Hal ini jelas sangat memuaskan untuk memulai pengembangan program dengan demonstrasi yang kuat dan nyata dari permintaan untuk program tersebut. Penggalangan dana juga berfungsi sebagai sarana untuk mendorong partisipasi dalam program. Di satu sisi, penggalangan dana publisitas seputar membuat adanya program yang dikenal. Di sisi lain, koperasi dan serikat kredit yang telah memberi kontribusi pada dana pembangunan memiliki kepentingan yang jelas dalam mengirimkan staf mereka sendiri untuk mengambil kursus.

Kesimpulan

Program ini adalah contoh menarik dari kemitraan universitas dan masyarakat untuk mencapai berbagai tujuan yang beragam.
Dari perspektif sektor koperasi, sebuah, internasional mengembangkan kelas dunia program ini tersedia untuk membantu koperasi dan serikat kredit untuk bersaing dengan sukses di dunia global. Program ini mendorong, memang melambangkan, kerjasama antar koperasi di seluruh industri dan batas-batas politik.
Untuk akademisi dan universitas secara umum program ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dalam bekerja sama melintasi batas-batas kelembagaan dan nasional. Gagasan mengumpulkan pembelajaran dari berbagai sumber dan kemudian mendistribusikannya kepada siswa yang tersebar belum biasa tapi mungkin menjadi begitu.
Untuk Saint Mary program ini membantu kita membuat perkembangan keterampilan set logis dari menciptakan individu berbasis web program untuk mengembangkan program seluruh didasarkan pada pembelajaran didistribusikan. Hal ini juga membuka pasar internasional baru yang signifikan.

Bibliografi

(1924) Co-operation (Monthly publication of the Cooperative
League of the USA) Vol. X January/December
(1945) Manager’s Manual for Co-operative Stores
(Boston: Edward A. Filene Good Will Fund Inc.)
Berg, Ivar (ed.) (1968) The Business of America (Orlando:
Harcourt Brace)
Boone, Louise E., David L. Kutrz & Ronald A. Knowles
(1999) Business: First Canadian Edition – 1999 Update
(Toronto: Harcourt)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar