Manajemen Pendidikan dan Pengembangan
Koperasi dan Serikat Kredit di Bidang Ekonomi dan Bisnis Mengubah Paradigma
Koperasi dan Serikat Kredit di Bidang Ekonomi dan Bisnis Mengubah Paradigma
Abstrak
Baik ekonomi maupun buku cetak, manajemen cukup
menghabiskan waktu atau ruang pada koperasi bentuk bisnis. Paradigma yang
dominan adalah milik investor, untuk keuntungan bisnis bersaing untuk pangsa
pasar dan keuntungan. Sebagai akibat dari hal ini, lulusan beberapa bisnis
program sudah dipersiapkan dengan baik untuk mengelola dalam lingkungan
koperasi.
Namun koperasi mewakili sebagian besar dari Inggris,
AS, dan negara-negara Kanada, manajemen pun sangat kompeten penting bagi
perekonomian secara keseluruhan serta untuk pemilik koperasi, karyawan, pemasok
dan pelanggan.
Harapan antara koperasi pemimpin adalah bahwa lulusan
program bisnis (apakah undergrads atau MBA) memiliki apresiasi yang sangat
terbatas bagaimana mengelola koperasi, sedangkan yang dijiwai dengan semangat
koperasi tetapi tanpa pelatihan bisnis formal mungkin memiliki keterampilan
manajemen yang terbatas. Untuk memperbaiki masalah ini, sejumlah koperasi
pemimpin telah datang bersama-sama dengan Universitas Saint Mary di Halifax,
Kanada untuk menawarkan berbasis web, program tingkat master dalam pengelolaan
koperasi dan credit union.
Program ini melibatkan 1201-semester kursus dan tesis.
Ini target pertengahan karir manajer koperasi dan credit union.
Makalah ini menjelaskan program, bagaimana pergeseran
paradigma program bisnis lulusan, dan cara kreatif itu sedang dibiayai.
Pengantar
Lynch et al. (1989) melaporkan bahwa koperasi itu ditekankan dalam buku ekonomi pengantar yang digunakan di Amerika Serikat.
Lynch et al. (1989) melaporkan bahwa koperasi itu ditekankan dalam buku ekonomi pengantar yang digunakan di Amerika Serikat.
Parnell (1996) berpendapat bahwa karena bentuk
koperasi usaha sebagian besar telah diabaikan dalam primer, sekunder, dan
pasca-sekolah menengah, sekolah itu telah menjadi "pilihan banyak difitnah
dan sering diabaikan."
Bukit disurvei dua puluh lima buku teks pengantar ekonomi yang digunakan di
Kanada untuk konten mereka tentang koperasi. Empat dari 25 adalah US teks,
sepuluh orang Canadianized versi awalnya teks AS, dan sisanya adalah Kanada.
Dia berharap menemukan koperasi ditangani oleh bentuk-bentuk bisnis alternatif,
atau sistem ekonomi komparatif, atau di bawah uang dan perbankan, atau dalam
diskusi yang mengontrol perusahaan. (Hill, 2000, 282). Apa yang dia temukan
adalah bahwa sementara hampir semua teks menyebutkan serikat kredit, hanya satu
membahas mengapa mereka ada. Non-keuangan koperasi bernasib kurang baik.
Sekitar setengah dari teks-teks tidak menyebutkan sama sekali, dan bila ada
menyebutkan hal itu cenderung sepintas. Cakupan terbesar dalam salah satu teks
adalah satu halaman. Sebagai Hill mengatakan, "Jelas, dalam buku teks
pengantar yang paling, organisasi ekonomi koperasi adalah baik seluruhnya
diabaikan atau menerima hanya menyebutkan lewat. (Hill, 2000,283).
Sebuah survei dari teks-teks yang paling populer
bisnis pengantar yang digunakan di Kanada (lihat Tabel 1) menunjukkan pola yang
sama. Dari enam teks yang disurvei, orang harus tidak menyebutkan koperasi atau
credit union, dua memiliki sekitar dua halaman dari materi, dan beberapa
keseimbangan jumlah yang lebih rendah. Dari dua teks dengan cakupan terbesar
dari koperasi, salah satu memiliki dua halaman dalam bab dua puluh sembilan
halaman tentang "Bentuk Kepemilikan Bisnis," digunakan yang lain setengah
dari ruang yang dialokasikan untuk bersama-koperasi menggambarkan langkah dari
satu besar pertanian Canadian co-op untuk privatisasi dan bertepuk tangan
kebangkrutan koperasi Jepang yang telah diduga mencungkil anggotanya.
Singkatnya, pengobatan koperasi di Kanada rentang bisnis buku teks pengantar
dari tidak ada sampai bermusuhan. Hanya Furhman (2000) memiliki sesuatu seperti
pengobatan, objektif non-sepintas co-ops.
Sebuah survei terbaru dari teks pengantar bisnis
disimpan di Amerika Serikat Perpustakaan Kongres memperkuat temuan ini.
Paradigma yang dominan untuk kedua ekonomi dan bisnis
pengantar investor, untuk keuntungan bisnis bersaing untuk memaksimalkan
kesejahteraan pemegang saham. Ini adalah paradigma disayangkan untuk sejumlah
alasan:
·
Koperasi memiliki lebih dari 700 juta anggota di 100
negara (Williamson, 1994). Jadi mereka adalah kekuatan ekonomi yang tidak dapat
atau, setidaknya, tidak boleh diabaikan.
·
Di Inggris, Kelompok Coop memiliki 70.000 karyawan dan
omset tahunan lebih dari £ 7 miliar. Hal ini penting dengan standar apapun dan,
sementara Grup Coop adalah yang terbesar koperasi di Inggris, itu tidak berarti
satu-satunya (Co-op Group).
·
Di Kanada, 10.000 non-keuangan koperasi mempekerjakan
lebih dari 150.000 orang dan yang terbesar dari mereka memiliki pada tahun 2001
pendapatan dari CDN $ 3,3 miliar (Pertanian Canada).
·
Di AS, atas 100 koperasi memiliki 1.996
penjualan lebih dari US $ 100 miliar. Lebih banyak warga yang anggota kandang
selain saham pasar saham sendiri, sementara lebih dari 2 juta penduduk New York
City tinggal di koperasi perumahan (Thompson, 1997). Berdasarkan ukuran dan
jangkauan ekonomi saja, koperasi adalah fitur yang signifikan dari kehidupan
sehari-hari, adalah majikan yang signifikan, dan harus dipahami oleh siswa
lulus.
·
Sebagai Hill (2000, 287) menunjukkan, pembahasan
koperasi dapat "meningkatkan berbagai pertanyaan positif dan normatif
menarik" yang harus menjadi bagian dari pengenalan seorang mahasiswa
bisnis untuk pemahaman ekonomi. Di antaranya adalah: sejauh mana demokrasi
harus menjadi bagian dari kehidupan ekonomi kita serta kehidupan masyarakat
kita, bagaimana unit-unit ekonomi sebenarnya berperilaku di luar teori ekonomi,
apa dampak apakah bentuk usaha terhadap insentif ekonomi, ada ekonomi
alternatif sistem yang melampaui kapitalisme murni atau perencanaan terpusat,
di dunia nyata, bagaimana dampak koperasi bentuk daya di pasar?
·
John Stuart Mill mengangkat banyak
pertanyaan-pertanyaan ini pada pertengahan abad ke-19. Jadi mungkin sudah
saatnya untuk membuat beberapa upaya untuk menjelaskan kepada para siswa bisnis
dengan argumen yang mengelilingi mereka. Sebagai Mill menaruhnya: Bentuk
asosiasi, bagaimanapun, yang jika manusia terus membaik, harus diharapkan pada
akhir untuk mendominasi, bukankah itu yang bisa eksis antara kapitalis sebagai
kepala, dan orang-orang bekerja tanpa suara dalam manajemen, tetapi asosiasi buruh
sendiri pada istilah kesetaraan, secara kolektif memiliki modal yang mereka
melanjutkan operasi mereka, dan bekerja di bawah manajer terpilih dan dilepas
sendiri. (Mill)
·
Koperasi memiliki kebutuhan taat bagi manajer
yang kompeten yang mencakup kedua prinsip-prinsip kerjasama dan terbaru dalam
praktik terbaik manajerial. Kebutuhan ini diakui hampir 80 tahun yang lalu:
. . . kita memiliki dua teori mengenai administrasi
koperasi bisnis, dan mereka berbeda tajam. . . . "Kami tertarik untuk
memulai sebuah toko. . . dan kami berniat untuk mendapatkan ahli teknis terbaik
yang dunia bisnis yang ditawarkan. . . [atau]. . . jika kita membeli manajer
superlatively efisien Usaha Swasta. . . Kami memiliki tubuh dan bentuk
Kerjasama dan telah kehilangan semangat. (---, 1924) Dan ini bergema dalam
sebuah makalah baru-baru ini Australia: Dewan perlu berhati-hati bahwa ia tidak
menganggap bahwa perannya adalah untuk mengelola koperasi dan bahwa peran
manajer adalah untuk mengelola bisnis. Hal ini menciptakan sebuah divisi yang
tidak sehat yang belum tentu akan terlihat dalam jangka pendek tetapi akan
memiliki konsekuensi jangka panjang yang tidak diinginkan. Seharusnya tidak ada
pemisahan antara "koperasi" dan "bisnis." Sebaliknya, ada
kebutuhan untuk mengakui bahwa koperasi manajer perlu mengintegrasikan
nilai-nilai koperasi dalam praktek manajemen mereka. Griffith (2003)
Penyajian saat ini
Saat ini ada tiga jenis kursus / program yang tersedia untuk pasca-siswa sekolah menengah dengan minat dalam koperasi:
·
Program dalam teknik fungsional untuk koperasi
karyawan dan supervisor. Organisasi seperti College Co-operative di Inggris
(yang menawarkan, misalnya, program pelatihan untuk ritel panitera penjualan
koperasi) atau Credit Union Institute of Canada (CUIC) (yang melatih karyawan
serikat kredit dalam aspek teknis dari pekerjaan mereka) melakukan layanan
besar kepada sektor koperasi dengan memfasilitasi peningkatan karyawan.
·
Program tunggal yang dapat diambil sebagai bagian dari
program MBA atau B.Comm / BBA. Ini memberikan siswa rasa co-ops dalam banyak
cara yang sama bahwa program tunggal dalam asuransi atau pariwisata dapat
menggores permukaan daerah khusus.
·
Apa yang terbaik dapat disebut "co-op
penghargaan" kursus biasanya ditawarkan sebagai pilihan dalam BA Program.
Kursus ini berguna dalam menyebarkan apresiasi publik tentang peran koperasi
dan masyarakat mereka.
Sayangnya, tidak satupun dari jenis persembahan
menjawab kebutuhan manajerial koperasi dan credit union karena mereka berjuang
untuk bertahan hidup dan berkembang dalam dunia yang semakin kompetitif dan
multinasional. Parnell (2000) menulis fasih kebutuhan ini: Manajer senior
koperasi skala besar, langsung direkrut dari bisnis investor sering, jarang
memiliki akses ke pembangunan yang tepat atau pelatihan, dan sebagai akibatnya
mereka sering dibiarkan untuk menemukan sendiri bagaimana mereka harus
berfungsi dalam organisasi koperasi. Banyak yang tidak pernah belajar apa
artinya untuk benar mengelola usaha koperasi, seringkali dengan konsekuensi
bencana.
Davis dan Donaldson (1998) menyetujui bahwa:
"Koperasi yang cukup berbeda dari manajemen utama
untuk meminta prinsip-prinsip mereka sendiri, konsep dan materi
pelatihan." Dan sebagai seorang kapitalis terdengar ritel sebagai Edward
Filene mengatakan ini tentang koperasi toko:
"Seorang manajer koperasi yang baik harus
familiar dengan ide-ide dan prinsip-prinsip kerjasama karena ia adalah dengan prinsip-prinsip
bisnis manajemen toko."
Namun tidak ada, untuk yang terbaik dari pengetahuan
saya, setiap program dalam bahasa Inggris yang menggabungkan prinsip-prinsip
dan praktek kerjasama dan bisnis dengan cara yang akan menghasilkan keras hati
manajer dijiwai dengan semangat co-op.
Mengapa tidak? Meskipun ada sejumlah besar koperasi
yang tersebar di seluruh dunia berbahasa Inggris, mereka tidak begitu
terkonsentrasi secara geografis untuk menjadi langsung dikenali sebagai pasar
pendidikan yang jelas. Selain itu, keterampilan penelitian dan pengajaran yang
diperlukan untuk program yang layak (terutama di tingkat pascasarjana) tidak
dapat ditemukan di sebuah universitas tunggal. Mereka, seperti co-ops, tersebar
di seluruh dunia.
Hal ini menyebabkan para pendukung paradigma baru -
campuran ketat koperasi nilai-nilai dan teknik manajerial - untuk datang
bersama-sama untuk mendorong sebuah program yang mencerminkan paradigma baru.
Disimpulkan bahwa program seperti itu hanya bisa berhasil jika itu menarik pada
kedua mahasiswa dan fakultas dari seluruh dunia berbahasa Inggris. Para
advokat, melalui masing-masing koperasi dan credit union datang bersama untuk
membentuk Pendidikan Manajemen Koperasi Koperasi (CMEC) yang lebih kemudian.
Program
Untuk memenuhi kebutuhan yang diungkapkan dari koperasi dan credit union, sebuah program baru, yang mencerminkan paradigma baru, dikembangkan. Hal ini diselenggarakan oleh Universitas Saint Mary, Halifax, Kanada dan telah menarik siswa dari Kanada, AS, dan Inggris Asupan kedua akan pada bulan September 2004.
Untuk memenuhi kebutuhan yang diungkapkan dari koperasi dan credit union, sebuah program baru, yang mencerminkan paradigma baru, dikembangkan. Hal ini diselenggarakan oleh Universitas Saint Mary, Halifax, Kanada dan telah menarik siswa dari Kanada, AS, dan Inggris Asupan kedua akan pada bulan September 2004.
·
Program: Magister Manajemen - Koperasi dan Koperasi
Kredit
·
Gelar Granter: Universitas Saint Mary
·
Target: Mid-karir manajer koperasi dan credit union.
Kelas pertama meliputi kandidat dari AS, Inggris dan Kanada, dari perbankan,
credit union, asuransi, ritel, dan produsen primer koperasi.
·
Bahasa Instruksi: Bahasa Inggris
·
Persyaratan Pendaftaran: gelar Sarjana atau pengalaman
manajerial yang signifikan dalam koperasi atau kredit yang mungkin dilakukan
pembobotan dalam persamaan derajat, saat kerja oleh serikat koperasi atau
kredit, kemauan majikan saat ini untuk memberikan waktu yang cukup off untuk
studi, kesediaan arus majikan untuk memfasilitasi penggunaan tempat kerja
sebagai obyek penelitian.
·
Program: Sebelas setengah-program (11 x 3 jam
semester) ditambah perjalanan studi, ditambah tesis full course (1 x 6 jam
semester). Semua program adalah tujuan dibangun untuk program ini. Judul saja
ditunjukkan pada Tabel 3.
·
Pengiriman Mekanisme: Pendidikan Jarak, berbasis web
pengiriman menggunakan Web CT. Calon mengambil empat setengah-mata kuliah per
tahun kalender.
·
Pengembang Program dan Fakultas: Diambil dari lembaga
akademis di Australia, Selandia Baru, AS, Inggris, Irlandia dan Kanada.
·
Pendanaan: Program pembangunan yang dibiayai oleh
koperasi dan serikat kredit melalui CMEC (lihat di bawah). Program pengiriman
adalah atas dasar pemulihan biaya penuh.
Pembiayaan
program pengembangan
Seperti
kebanyakan universitas yang telah terlibat dalam pengembangan berselaput bisa
membuktikan, pengembangan program web adalah proposisi mahal. Ini mungkin
berpikir bahwa biaya pengiriman dapat dikurangi kemudian sebagai administrator
saja kurang terampil mengambil alih pengiriman saja dari lebih terampil dan
lebih mahal
Akademisi
(Apakah bias saya terhadap perguruan tinggi yang mencoba untuk menghilangkan
posisi akademis menunjukkan?). Tapi ada biaya agak lebih up-depan ketika
keterampilan teknis web harus disertakan dan kapan, karena dengan program ini,
akademisi bekerja "di luar kotak."
Biaya
pengembangan Master Saint Mary of Management - Koperasi dan Kredit Program
Serikat tidak akan pernah ditutupi dari sumber internal bahkan jika universitas
telah siap untuk biaya pengembangan depan dengan harapan pulih kemudian dari
apa yang halus bisa disebut " mengajar efisiensi. "Menginfeksi, Saint
Mary punya dan tidak berniat menggantikan kaum profesor (dan ada serikat
fakultas yang kuat untuk tetap seperti itu), dan pengiriman dari program ini
adalah atas dasar pemulihan biaya penuh tidak ada yang signifikan" profit
"diharapkan.
Untungnya,
individu koperasi dan credit union yang pertama mendekati Saint Mary adalah
untuk menciptakan program pasca-sarjana tingkat telah dilakukan untuk membiayai
upaya pengembangan program. Mereka mulai dengan membentuk Pendidikan Koperasi
Manajemen Koperasi (CMEC) yang kini telah berkembang untuk memasukkan individu,
koperasi, credit union dan anggota lembaga pendidikan dari Australia, Selandia
Baru. Irlandia, U.K., AS, dan Kanada. (Lihat www.smu.ca / mmccu untuk daftar
anggota). Dana utama meningkatkan inisiatif sedang berlangsung, dengan lebih
dari setengah dari target sekarang dijaminkan.
Hal ini
jelas sangat memuaskan untuk memulai pengembangan program dengan demonstrasi
yang kuat dan nyata dari permintaan untuk program tersebut. Penggalangan dana
juga berfungsi sebagai sarana untuk mendorong partisipasi dalam program. Di
satu sisi, penggalangan dana publisitas seputar membuat adanya program yang
dikenal. Di sisi lain, koperasi dan serikat kredit yang telah memberi
kontribusi pada dana pembangunan memiliki kepentingan yang jelas dalam
mengirimkan staf mereka sendiri untuk mengambil kursus.
Kesimpulan
Program ini adalah contoh menarik dari kemitraan universitas dan masyarakat untuk mencapai berbagai tujuan yang beragam.
Dari
perspektif sektor koperasi, sebuah, internasional mengembangkan kelas dunia
program ini tersedia untuk membantu koperasi dan serikat kredit untuk bersaing
dengan sukses di dunia global. Program ini mendorong, memang melambangkan,
kerjasama antar koperasi di seluruh industri dan batas-batas politik.
Untuk akademisi dan universitas secara umum program ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dalam bekerja sama melintasi batas-batas kelembagaan dan nasional. Gagasan mengumpulkan pembelajaran dari berbagai sumber dan kemudian mendistribusikannya kepada siswa yang tersebar belum biasa tapi mungkin menjadi begitu.
Untuk akademisi dan universitas secara umum program ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dalam bekerja sama melintasi batas-batas kelembagaan dan nasional. Gagasan mengumpulkan pembelajaran dari berbagai sumber dan kemudian mendistribusikannya kepada siswa yang tersebar belum biasa tapi mungkin menjadi begitu.
Untuk Saint
Mary program ini membantu kita membuat perkembangan keterampilan set logis dari
menciptakan individu berbasis web program untuk mengembangkan program seluruh
didasarkan pada pembelajaran didistribusikan. Hal ini juga membuka pasar
internasional baru yang signifikan.
Bibliografi
(1924) Co-operation
(Monthly publication of the Cooperative
League of the USA) Vol. X January/December
(1945) Manager’s
Manual for Co-operative Stores
(Boston: Edward A. Filene Good Will Fund Inc.)
Berg, Ivar (ed.) (1968) The Business of America (Orlando:
Harcourt Brace)
Boone, Louise E., David L. Kutrz & Ronald A.
Knowles
(1999) Business:
First Canadian Edition – 1999 Update
(Toronto: Harcourt)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar